Safelink

Studi Kasus Produk Perbankan Syariah



NO
KASUS
PRODUK
1.     
Seorang pengusaha tempe ingin mengembangkan usahanya di daerah lain. Sebagian modal ia telah miliki, tapi masih belum bisa beroperasi karena belum cukup untuk membeli mesin penggiling kedelai. Ia datang ke bank anda, mengajukan permohonan pinjaman. Akad apa yang anda tawarkan?
-
2.     
Seorang mantan pedagang mendatangi bank anda dan memohon pembiayaan untuk berjualan barang-barang kelontong  Berdasarkan pengalamannya berdagang, ia dapat memprediksi bahwa turn-over barang kelontongan di sekitar tempat ia tinggal, sangat potensial. Ia memperkirakan modal akan kembali dalam satu tahun. Produk apa yang anda tawarkan?
-
3.     
Seorang pemilik toko bahan pakaian berniat untuk menambah barang dagangannya dengan pakaian jadi karena banyaknya permintaan. Jika ia memiliki sebagian modal untuk itu akad apa yang menurut anda cocok untuk pembiayaan semacam ini?
-
4.     
Seorang petani ingin mengolah sawah miliknya seluas 4 hektar. Perkiraan pendapatan dari sawahnya adalah 4 ton padi per hektar. Ia lalu mengajukan permohonan untuk pengelolaan ini. Produk apa yang anda usulkan?
-
5.     
Seorang pegawai negeri mengajukan permohonan untuk renovasi rumahnya tipe 36. Produk apa yang anda tawarkan?
-
6.     
Seorang tukang becak ingin memperoleh pinjaman untuk memiliki becak. Produk apa yang cocok untuk pembiayaan semacam ini?
-
7.     
Sebuah departemen pemerintah ingin membantu petani dengan cara menyediakan kredit murah untuk pertanian dan perkebunan. Akad apa yang anda tawarkan agar dapat melibatkan tiga pihak; departemen tersebut, petani dan bank anda?
-
8.     
Seorang pedagang bakso keliling yang sukses bermaksud akan menyewa sebuah toko untuk dijadikan warung bakso. Ternyata ia memiliki tabungan yang hanya cukup untuk membeli bahan dan peralatan, sedangkan untuk sewa toko ia bermaksud memohon pinjaman dari bank anda. Sebagai tambahan informasi, developer toko itu memberikan opsi kepadanya untuk membeli toko itu jika ia sudah mampu. Produk apa yang menurut anda sesuai?
-
9.     
Seorang kontraktor jalan mendatangi anda dan mengkonfirmasi anda bahwa tender pembuatan jalan propinsi sepanjang 20 km telah dimenangkannya. Ia ingin mendapatkan pembiayaan dari anda untuk modal pembuatan jalan tersebut. Akad yang anda sediakan?
-
10. 
Sebuah perusahaan BUMN yang menyisihkan 2,5% keuntungannya ingin menyalurkan keuntungan itu lewat bank anda, tapi dengan syarat untuk usaha kecil dan modal itu harus bergulir. Akad apa yang anda fikirkan?

-
11. 
Sebuah departemen pemerintah ingin membantu petani dengan cara menyediakan kredit murah untuk pertanian dan perkebunan. Akad apa yang anda tawarkan agar dapat melibatkan tiga pihak; departemen tersebut, petani dan bank anda?

-
12. 
Para nelayan di Kalibaru mengeluhkan para tengkulak yang meminjamkan uang dengan bunga tinggi dan dengan jaminan ikan-ikan yang akan mereka tangkap. Jika mereka tidak mampu mendapatkan ikan, giliran perahu-perahu mereka yang akan diambil. Mereka datang ke bank anda untuk meminta pembiayaan agar dapat menggantikan kewajiban mereka kepada para tengkulak itu. Apa yang anda tawarkan?

-
13. 
Para ibu di sekitar perumahan anda mendatangi anda di bank dan mengeluhkan ketiadaan biaya untuk uang muka kuliah anak-anak mereka yang baru diterima di universitas masing-masing. Menurut anda mereka mampu membayar dalam jangka waktu 3-6 bulan dan mereka memiliki berbagai simpanan barang berharga yang dapat dijaminkan. Produk apa yang anda tawarkan?


-
14. 
Para pengusaha perkebunan sawit di Riau dan Sumatera Utara mendatangi bank anda agar mendapatkan pembiayaan untuk penanaman kembali (replanting) kebun sawit seluas ratusan hektar, yang diperkirakan baru akan menghasilkan pada tahun ke 5. Produk pembiayaan apa yang terfikirkan oleh anda?

-
15. 
Sebuah travel ingin bekerjasama dengan bank anda dalam penjualan paket umroh. Caranya apabila bank anda bisa merekrut nasabahnya untuk jadi peserta umrah, bank mendapat porsi tertentu dari penjualan paket tersebut. Produk apa yang anda tawarkan?

-
16. 
Sekelompok pedagang pasar induk mengajukan pembiayaan kepada bank anda dimana pembiayaan bersifat batas maksimum dan mengambil keuntungan apabila dananya dipakai saja. Sementara dana yang tidak digunakan tidak dikenakan keuntungan. Produk apa yang anda tawarkan?
-
17. 
Divisi SDM pabrik di dekat bank anda menghubungi anda dan ingin melakukan kerjasama untuk pembiayaan pengadaan kendaraan bermotor bagi karyawannya. Produk apa yang anda tawarkan?
-
18. 
Anda tengah mencari dana-dana murah untuk pembiayaan usaha kecil di bank anda. Sebuah perusahaan pembiayaan BUMN menawarkan penempatan dana dengan rate 6% per tahun. Produk apa yang anda tawarkan?
-
19. 
Para peternak sapi menerima tawaran penggemukan sapi potong dari sebuah perusahaan Australia, dengan syarat para peternak menyediakan lahan dan pakan hewan. Para peternak itu meminta bantuan bank anda untuk proyek per 6 bulan tersebut. Akad apa yang menurut anda cocok untuk proyek ini?
-
20. 
Sebuah yayasan yang mengelola lembaga pendidikan dari tingkat SD sampai SMA mendatangi bank anda dan meminta bantuan untuk pembangunan gedung baru yang hanya dapat dibayar per enam bulan. Produk apa yang anda akan siapkan jika anda memang menyetujuinya?
-
21. 
Seorang kenalan berniat membuka peternakan unggas (bebek) yang telurnya dapat dijual dalam bentuk telur asin. Modal pribadinya hanya cukup untuk membuat kandang dan membeli bebek. Sedangkan untuk pakannya ia memerlukan bantuan pembiayaan dari bank anda. Menurut anda skema apa yang cocok untuk pembiayaan semacam ini?

22. 
Seorang dokter di ruko seberang perumahan anda menghubungi anda untuk dapat memperoleh pembiayaan guna pengadaan obat-obatan. Ia melakukannnya karena ada SPK dari dinas kesehatan setempat. Produk apa yang cocok untuk proyek ini?

23. 
Beberapa orang dari karyawan anda berniat melanjutkan jenjang pendidikan ke Strata 2 dengan biaya yang lumayan besar. Tapi biaya itu masih dalam dibawah batas maksimal pinjaman seorang karyawan dari perusahaannya. Produk apa yang anda tawarkan?

24. 
Seorang produser production house mengajukan pembiayaan untuk pembuatan sinetron tentang tokoh pejuang di daerah anda tinggal. Sinetron itu tengah ditawarkan kepada sebuah stasiun televisi dan kesempatan untuk diterima masih setengahnya. Produk apa yang anda tawarkan?

25. 
Produk apa yang anda akan tawarkan apabila ada TKI yang ingin meminta pembiayaan untuk membiayai pembuatan passport dan dokumen lainnya, sementara pembayarannya akan dimulai setelah tiga bulan melalui kenalannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Studi Kasus Produk Perbankan Syariah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×