Safelink

Pembahasan Singkat Tentang Hakikat Negara dan Sifat Negara

Hakikat Negara dan Sifat Negara
A. PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG 
Hakikat negara berkaitan erat dengan tujuan dari pada suatu negara.

Hakikat sendiri berasal dari bahasa arab yaitu Al-haqq yang artinya kepemilikan, atau sering di sebut juga hak. Kemudian secara etimologi haiakt negara dapat diartikan juga sebagai inti atau puncak dari pada sesuatu, kemudian Negara yang memiliki arti sebuah wilayah yang di dalamnya didiami oleh sekelompok orang dan terdapat unsur yang dapat memenuhi berdirinya negara dan di dalamnya terapat satu kesatuan unsur.

Jadi hakikat negara memiliki arti inti sari daripada sebuah wilayah resmi yang memiliki satu kesatuan unsur yang syah.

Dalam mempelajarihakikat negara kita dapat mempelajari hal-hal yang ada di dalamnya seperti, ajaran, sifat, kemudian teori yang mendasari berdirinya sebuah negara tersebut.

Didalam hakikat negara, ajaran, sifat, kemudian teori sangat berkaitan satu sama lain, dimana di dalam kkomponen tersebut saling berkaitan kemudian dari keterkaitan tersebut akan membentuk satu kesatuan yang akan menciptakan suatu tujuan dari pada negara.

Ajaran hakikat negara seperti Ajaran organisme tentang Negara, ajaran kesatuan ikatan tentang negara, dan Ajaran reine rechtslehre (ajaran hukum murni), kemudian sifat dari pada negara itu seperti sifat memaksa, memonopoli dan juga mencakup semua, adapun teori dari pada hakikat sebuah negara itu seperti teori sosiologis dan teori yuridis.

Dari masing-masing pengemukaan diatas memiliki penjabaran-penjabaran tertentu yang nantinya jika di telaah akan menghasilkan satu kesatuan yang akan memunculkan tujuan dari pada sebuah negara.
Hakiakt negara memiliki peran penting dalam menciptakan suatu tatanan bernegara, jika kita tidak mampu mengurai, memahami, memaknai apa itu hakikat negara maka tujuan negara tidak dapat terbentuk.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana penjabaran dan penjelasan dari pada ajaran hakikat negara?
2. Bagaimana penjelasan dan penjabaran dari sifat negara?
3. Bagaimana penjabaran dan penjelasan dari teori hakikat negara?

C. PEMBAHASAN

1. Bagaimana penjabaran dan penjelasan dari pada ajaran hakikat negara?

Dalam hakikat sebuah negara terdapat Ajaran hakikat negara seperti Ajaran organisme tentang Negara, ajaran kesatuan ikatan tentang negara, dan Ajaran reine rechtslehre (ajaran hukum murni), berikut penjeasannya;

a. Ajaran organisme tentang Negara
Sebagai hakikatnya sebuah Negara, Negara disini di pandang sebagai sebuah organisasi yang hidup seperti halnya manusia.

b. Ajaran kesatuan ikatan tentang Negara
Landasan dari pada hakikat sebuah Negara terdiri dari dua golongan utama, yaitu orang yang memberi perintah, serta orang yang di beri perintah, jadi dalam hal ini dapat di simpulkan bahwa Negara merupakan sebuah kehendak dari sebuah bangsa yang di arahkan menuju terwujudnya tujuan daripada Negara.

c. Ajaran reine rechtslehre (ajaran hukum murni)
Menurut Hans kelsen Negara merupakan sebuah ketertiban, ketertiban daripada.

2. Bagaimana penjelasan dan penjabaran dari sifat negara?

Sifat dari pada hakikat dibagi menjadi dua, sifat umum dansifat khusus.

a. Sifat umum ;
Sifat umum daripada hakikat sebuah Negara yaitu sifat yang hampir dimiliki oleh sebuah Negara, sifat umum sebuah Negara dapat di bagi menjadi empat, yatu sifat memaksa, sifat memonopolo, sifat mencakup semua, dan juga sifat menentukan.
Sifat memaksa :
Sifat memaksa merupakan sifat dimana suatu Negara adalah badan atau lembaga yang mempunyai kekuasaan terhaadap warga negaranya, hal ini bersifat mutlak dan memaksa.
Sifat memonopoli :
Sebuah Negara mempunyai kekuasaan dan hak atas kekayaan alam dan apa yang terkandung di dalamnya,hal ini menjadi landasan bagi suatu Negara tersebut untuk menguasai sumer daya alam tersebut.
Sifat mencakup semua :
Kekuasaan suatu Negara merupakan kekuasaan untuk mengikat bagi semua warga negaranya tidak ada pengecualian untuk ini.
Sifat menentukan :
Negara memiliki kekuasaan untuk menentukan sikap-sikap guna menjaga stabilitas suatu Negara.

b. Sifat khusus ;
Sifat khusus daripada Negara merupaka sebuah sifat yang hanya dimiliki oleh suatu Negara saja yang mempunyai ideologi atau landasan Negara yang kuat, sifat ini hanya dimiliki oleh Negara tertentu saja.

3. Bagaimana penjabaran dan penjelasan dari teori hakikat negara?

a. Teori sosiologis
Jadi pada intinya disini, manusia sebagai mahluk social yang tidak dapat hidup sendiri, kebutuhan individu tersebutmemaksa untuk membentuk koloni sehingga terbentuklah sebuah masyarakat, dalam koloni tersebut terdapat berbagai kepentingan yang dimana keprntingan tersebut terkadang bertentangan dengan kepentingan satu individu dan indivdu lainnya, maka manusia harus dapat beradap tasi dengan gejala tersebut agar tercipta kerukunan.

b. Teori yuridis
Dalam teori ini di jabarkan lagi menjadi tiga, yakni ; patriarchal, patriamonal, dan perjanjian.
a. Patriarchal :
Teori yang menganut asas kekeluargaan, dimana terdapat satu orang yang lebih bijaksana dan kuat yang di jadikan sebagi kepala keluarga.
b. Patriamonial :
Raja memiliki kekuasaan atas suatu wilayah dan juga apa yang ad di dlamnya sehinggasetiaporang yang berada di wilayahnya harus tunduk.
c. Perjanjian :
Raja melakukan perjanjian dengan masyarakat untuk melindungi hak-hak masyarakat untuk melindungi masyarakat, sehingga ketika hal tersebut tidak di lakukan masyarakat dapat menuntutnya.

D. PENUTUP

Kesimpulan
Disini dapat di tarik garis bawah, bahwa hakikat negara merupakan inti dari pada sebuah negara yang digunakan untuk menciptakan tujuan dari negara di mana di dalam sebuah negara terdapat ajaran, sifat, serta teori yang melandasi dari tujuan seuah negara. Dari ketiganya berupaya untuk menciptakan serta mewujudkan tujuan negara sehingga masing-masing memiliki hubungan yang erat.

E. DAFTAR PUSTAKA

http//zalz10pahlawan.wordpress.com/2013/11/6/sifat-dan-hakekat-negara/
www.definisi-pengertian.com/2015/01/definisi-dan-pengertian-hakikat.html?m=1
https//idmwikipedia.org/wki/negara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pembahasan Singkat Tentang Hakikat Negara dan Sifat Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×